Beberapa Cara Mendapatkan Bantuan Dari Pemerintah

Beberapa Cara Mendapatkan Bantuan Dari Pemerintah

thestarwarssaga.com Dampak perekonomian yang begitu besar benar-benar dirasakan setelah adanya pandemi covid-19. Tidak hanya di Indonesia, namun hampir di seluruh belahan dunia. Pandemic yang muncul dari awal tahun sampai sekarang, tentunya beberapa negara termasuk Indonesia masih terus berjuang melawan pandemi, sehingga bagaimana cara mendapatkan bantuan dari pemerintah perlu diketahui.

Karena memang pemerintah sebisa mungkin mengupayakan kehidupan masyarakat untuk tetap hidup makmur meski berada dalam kondisi yang sulit. Supaya tidak menjadi beban berat bagi negara, maka pemerintah menawarkan beberapa bantuan untuk masyarakat. Seperti kartu prakerja, bantuan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta yang lainnya.

Cara Memperoleh Bantuan yang Diprogram Pemerintah

  1. Kuota Gratis

Bantuan pemerintan subsidi kuota gratis, akan disalurkan oleh kemendikbud secara bertahap. Bantuan ini akan dilakukan selama empat bulan. Yaitu mulai dari bulan September hingga Desember 2020. Bantuan kuota tersebut akan dikirim secara bertahap dengan besaran kuota untuk siswa, mahasiswa, guru, serta dosen memiliki besaran yang berbeda.

Untuk cara mendapatkannya terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu yang pertama nomor yang akan disubsidi bantuan kuota terlebih dahulu harus sudah terdata di Dapodik. Bagi pelajar dan mahasiswa cukup menginput atau menyerahkan nomor ponselnya pada pihak sekolah atau kampus.

Kemudian pihak sekolah atau kampus akan menyerahkan nomor ponsel ke sistem Dapodik setelah nomor ponsel yang ada sudah terkumpul semua. Untuk subsidi kuota gratis kemendikbud dapat Anda cek melalui berbagai provider sesuai nomor yang telah didaftarkan. 

  1. Subsidi Gaji Sebesar Rp. 600.000

Bantuan subsidi upah atau BSU yang dikeluarkan oleh pemerintah ini diperuntukkan untuk para karyawan swasta dengan gaji perbulan kurang dari Rp 5 juta. Masyarakat yang berhak menerima bantuan ini adalah karyawan dengan gaji di bawah 5 juta serta terdaftar sebagai anggota BPJS aktif ketenagakerjaan. 

Untuk langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan bantuan ini yaitu:

– Langkah pertama masuk pada website https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

– Kemudian masukkan alamat email Anda beserta kata sandi.

– Pilih opsi “menu layanan” setelah berhasil masuk.

– Kemudian pilih cek saldo JHT setelah berhasil masuk ke menu layanan.

– Selanjutnya Anda perlu memasukkan pin yang telah dikirim melalui SMS dan saldo Anda akan ditampilkan.

  1. Kartu Kerja

Kartu kerja dikhususkan untuk pencari kerja atau yang terkena PHK. Untuk setiap orangnya penerima kartu pra kerja akan memperoleh bantuan dana senilai Rp. 3.550.000. Nilai dana tersebut meliputi insentif Rp. 600.000 pada setiap bulannya, dana survey 150.000 dan biaya pelatihan yang tidak dapat dicairkan sebesar Rp. 1 juta.

Untuk mendaftar program ini dapat Anda ikuti beberapa langkah berikut:

– Buka website melalui link www.prakerja.go.id. Dan siapkan pula nomor NIK serta Kartu Keluarga.

– Input data diri dan ikuti langkah yang tertera.

– Untuk mengikuti tes motivasi, Anda perlu menyiapkan kertas dan alat tulis. 

– Pada gelombang yang dibuka, klik gabung. Tunggu pengumuman kelulusan peserta melalui SMS.

Baca Juga : Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word

Dari ketiga cara mendapatkan bantuan dari pemerintah yang dapat Anda coba semoga dapat memberikan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *