Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word

Cara Membuat Halaman Berbeda Di Word

thestarwarssaga – Aplikasi Microsoft Word sangat berguna untuk membuat dokumen naskah secara sistematis dan terintegrasi. Salah satu faktor mengapa aplikasi tersebut sangat disukai adalah karena bisa membuat page yang berbeda dalam satu dokumen. Cara membuat halaman berbeda di Word tersebut belum banyak diketahui oleh orang, dan akhirnya kebanyakan orang menggunakan cara manual. 

Cara membuat halaman berbeda di Word 2010 secara manual memang bisa memudahkan seseorang, akan tetapi jika jumlah Word page yang dibuat tersebut sangat banyak, Anda terpaksa harus menggunakan cara yang lebih sederhana. Pada ulasan berikut, kami akan membahas berbagai cara untuk menyusun different page pada aplikasi Ms. Word. 

Langkah Menyusun Halaman Yang Berbeda Di Word 

Aplikasi Word memiliki berbagai fitur untuk melakukan setting halaman untuk dokumen yang dibuat untuk para penggunanya. Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk menyusun different page numbering pada aplikasi tersebut :

  • Buka dokumen yang ingin diberi perbedaan pada aplikasi Ms. Word
  • Setelah itu posisikan kursor atau mouse komputer pada page yang ingin diberikan perbedaan
  • Klik Page Layout > Breaks > Next Page (untuk memberikan page break atau jeda halaman pada Ms. Word)
  • Setelah itu langsung klik Insert > Page Numbers > Format Page Numbers
  • Setelah muncul jendela baru, Anda bisa memilih jenis penomoran halaman yang akan digunakan pada aplikasi tersebut, Anda bisa memilih penomoran angka atau huruf romawi
  • Jangan lupa untuk mengklik “Start at:” agar bisa memilih penomoran halaman dimulai pada angka berapa
  • Memang setelah itu biasanya belum ada nomor Word page yang tertampil pada aplikasi Word, ini adalah sinyal bahwa Anda harus melakukan pengaturan nomor halaman pada “Page Number” > pilih posisi penomoran halaman 
  • Nah, setelah itu nomor halaman sudah tertampil pada layar, namun belum berbeda. Berikut ini cara membedakannya : klik Insert > Page Number > Format Page Numbers > pilih penomoran dengan sistem huruf Romawi > Ok
  • Setelah itu nomor halaman tersebut sudah bisa tertampil dalam format yang berbeda

Dengan berbagai langkah di atas, dokumen naskah Anda bisa secara otomatis memiliki sistem different numbering. Biasanya penomoran dengan sistem ini harus dilakukan untuk jenis dokumen naskah skripsi atau buku yang akan dicetak. Penomoran untuk halaman Word dengan bentuk angka biasa digunakan pada isi dokumen, sedangkan huruf romawi untuk daftar isi. 

Baca Juga : Tata Cara Wudhu yang Benar Mulai Awal Hingga Akhir

Dan dengan mengetahui cara membuat halaman berbeda di Word secara otomatis, Anda tidak perlu lagi memberikan penomoran secara manual dengan satu per satu meneliti tampilan halaman pada dokumen tersebut. Sehingga Anda pun bisa lebih hemat waktu, biaya, dan energi. Semoga bermanfaat ya!