Tata Cara Wudhu yang Benar Mulai Awal Hingga Akhir

Tata Cara Wudhu yang Benar Mulai Awal Hingga Akhir

thestarwarssaga – Salah satu syarat sahnya sholat adalah berwudhu terlebih dahulu secara benar. Karena tujuan wudhu adalah untuk menghilangkan kotoran yang ada dalam tubuh, menghilangkan hadas kecil sekaligus najis. Sehingga, sholat pun sudah dalam keadaan suci. Berikut tata cara wudhu yang benar beserta serba-serbinya cocok untuk Anda perhatikan sekaligus terapkan ya!

Arti Wudhu

Secara bahasa, artinya adalah bersih dan indah. Sedangkan secara syara’, artinya  adalah memberihkan anggota badan untuk menghilangkannya dari hadas kecil. Wudhu menjadi wajib mislanya untuk sholat, serta sangat dianjurkan mana kala melakukan ibadah lain seperti membaca quran, mengaji, dan hal-hal positif lainnya. 

Sehingga sering mendengar saran dari orang berilmu/ lebih tahu agar Anda senantiasa menjaga wudhu. Dengannya, maka akan senantiasa dekat denganNya. Dengannya, maka doa mudah terkabul bagi orang yang menjaga diri dalam keadaan suci, serta banyak fadhillah lainnya. 

Syarat Sahnya

Sebelum masuk ke tata cara, berikut Anda pahami syarat sahnya. 

  • Islam
  • Bisa memberdakan antara yang baik dan buruk (tamyiz)
  • Suci dari hadas besar
  • Menggunakan air suci dan mensucikan
  • Tidak ada penghalang untuk air masuk ke permukaan bagian yang disucikan
  • Tahu mana wajib dan sunnah-sunnahnya

Cara Wudhu Sesuai Syariat

Ada enam fardhu yaitu niat, membasuh muka, membasuh kedua tangan sampai siku, mengusap rambut kepala sebagian, membasuh kedua kaki sampai pada mata kaki, dan lakukanlah secara tertib. Berikut penjelasannya. 

1. Niat. Secara syariat, niatnya adalah sebagai berikut, “Nawaitul wudhuu’a li raf’ill hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa.

Artinya ialah,”Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil, fardhu lillahi ta’aalaa.”

2. Membaca “basmallah” sebelum mengguyur air pada tangan. Kemudian, basuhlah pergelangan tangan sampai bersih sekaligus digosok-gosok hingga pergelangan sampai bersih.  Hal ini diulang sebanyak 3x. 

3. Berkumurlah sampai tiga kali. Bukan asal kumur, melainkan sekaligus membersihkan sisa-sisa makanan dalam mulut sekaligus gigi. 

4. Bersihkan lubang hidung Anda sejumlah 3x guna membersihkan kotoran di dalamnya. 

5. Lakukan sebanyak 3x untuk membilas wajah, mulai dahi hingga dagu, kemudian garis tepi dekat dengan rambut. 

6. Kedua tangan diusap sebanyak tiga kali, yaitu sampai ke siku. Gerakan ini harus Anda mulai dari sebelah kanan ya!

7. Usaplah kepala Anda sebanyak tiga kali.

8. Setelah mengusap kepala, lanjutkan dengan membersihkan kedua telinga, diputar dari bawah ke atas sejumlah tiga kali juga. 

9. Basuh kedua kaki hingga di atas mata kaki 3x, gerakan ini juga dimulai dari kaki sebelah kanan. 

10. Setelah selesai, berdoalah.

 

Apa yang Membatalkannya?

Terdapat empat hal pembatal ibadah ini. Pertama, keluarnya sesuatu dari qubul juga dubur. Misalnya buang air kecil, buang air besar, ataupun kentut. Kedua, hilangnya akan dikarenakan pingsan, mabuk, gila, ataupun tidur nyenyak. 

Ketiga, adanya sentuhan antara perempuan dan laki-laki yang tidak halal (bukan muhrim) dan tanpa adanya penghalang (kain) di antara keduanya. Keempat, menyentuh kemaluan menggunakan tangan atau jari-jari secara langsung tanpa disertai penghalang

Baca Juga : Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja, Untuk Anda Yang Belum Mengetahuinya

Itulah pembahasan cara wudhu yang benar menurut syariat. Lakukanlah secara benar dan runtut ya. Karena menjadi salah satu syarat diterimanya ibadah ini adalah dengan dilakukan secara runtut atau teratur.